Apa Sih Windows Defender Itu?

Dalam windows, terdapat banyak fitur bawaan yang sudah dipasangkan dari pabrik. Fitur itu sendiri sangat lah berguna dan memiliki fungsi masing masing. Diantara banyak nya aplikasi bawaan, mungkin kebanyakan sudah dipasang dari sejak waktu. Tapi, semakin kemari jumlah aplikasi bawaan ini semakin banyak dan terus mengalami perkembangan di setiap harinya.

Diantara banyaknya aplikasi bawaan tersebut, terdapat sebuah aplikasi yang terkenal paling baru. Aplikasi tersebut bernama windows defender. Yang jadi pertanyaan, apa sebenarnya fungsi aplikasi ini? bukan kan setiap fitur bawaan dari windows selalu memiliki fungsi yang mengagumkan?

Fungsi dari Windows Defender

Jika dikatakan tentang fungsi, terdapat fungsi utama dari windows defenderini. singkatnya, aplikasi ini bertindak sebagai antivirus.bawaan yang keamanan nya sangat terpercaya. jika dilihat pada windows versi lama, di dalamnya memang tidak terdapat antivirus. Sebagian orang menganggap hal ini sebagai perkara biasa karena untuk menemukan antivirus pun bukan lah sebuah masalah sulit.

Antivirus Lain yang Sering Digunakan

Dengan itu, aplikasi antivirus pun terus bermunculan seperti smadav dan Avast. Tapi perlu diketahui, terdapat masalah serius jika antivirus yang digunakan bukan lah bawaan. Masalah tersebut terdapat pada kesalahan yang sangat mungkin terjadi. Anda yang sering menggunakan smadav perlu mengetahui bahwa smadav bukan lah antivirus utama.

Pada penjelasannya sendiri sudah dijelaskan bahwa aplikasi tersebut hanya lah sebagai pendamping yang bertindak sebagai pelapis antivirus utama. Untuk Avast sendiri memang lah diciptakan sebagai antivirus utama. Tapi yang jadi masalah, sering kali muncul banyak keluhan dari pengguna tentang tindakan otomatis yang sering dilakukan Avast.

Karena saking ketatnya, Avast memiliki wewenang untuk menghapus sebuah file yang dianggap virus. Walaupun sering kali tepat, terdapat beberapa momen dimana virus yang dihapus sebenarnya file penting.

Untuk itu dengan adanya windows defender, kenyamanan dalam memakai komputer pastilah di dapat. Anda bisa tetap menggunakan smadav sesuai fungsinya yaitu sebagai antivirus pendamping dan selain itu, keluh kesah tentang file yang sering kali dihapus otomatis oleh Avast tidak akan dirasakan.

Kelebihan Windows Defender Dibanding Antivirus Lain

Sebenarnya, konsep penciptaan dari windows defenderdengan antivirus lain seperti AVG dan Avast sangat lah sama. Intinya, pencipta berharap untuk memberikan layanan antivirus secara gratis kepada seluruh pengguna komputer. Tapi pada dasarnya, sebuah aplikasi gratis memang lah tidak maksimal.

Anda pun pasti sadar jika fitur yang ada di antivirus gratis lain sangat lah terbatas dan jauh dari kesan memuaskan. Biasanya, beberapa antivirus gratis tidak akan menambahkan keamanan ekstra seperti anti spam, keamanan email, dan firewall. Tapi perlu diketahui, ketidak nyamanan tersebut tidak akan terasa jika menggunakan windows defender.

Berbeda dengan aplikasi gratis lain, fitur yang ada di windows defendercukup komplit dan beberapa tingkat di atas antivirus lain pada umumnya. Yang terbaru, sudah terdapat 2 fitur tambahan dari windows defender.

  1. Pembaruan Otomatis

Bisa dibilang, fitur dari windows defenderyang satu ini benar benar memanjakan. Dalam antivirus, pembaruan sangat penting karena bisa membuat komputer semakin aman. Dengan adanya fitur pembaruan otomatis, anda pun tentu tidak akan kesulitan dalam melakukan pembaruan manual secara berulang ulang.

  1. Today Virus Detection

Inilah mungkin fitur terbaru dan terbaik yang bisa anda rasakan. Pada fitur ini, komputer akan otomatis melakukan check keamanan di setiap harinya. Dengan itu, kondisi keamanan PC pun bisa terus terlihat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *